Thursday, April 26, 2007

PENGANTAR

Pada ahir dekade tahun '90 an, dipenghujung masa kekuasaan Presiden Soeharto, gelombang barisan opposannya semakin membesar karena pemerintahannya yang semakin lemah karena korupsi, kolusi dan nepotisme semakin merajalela yang menggerogoti sendi sendi kelangsungan Negara yang dipimpinnya. Para opposannya tidak lagi percaya pada proses suksesi reguler yang diadakan .

Barisan itu ada yang berbentuk kelompok kelompok yang secara nyata menunjukkan keberadaanya dilapangan apakah dengan formal berbentuk badan hukum ataukah informal yang menyebut diri 'elemen' yang dibentuk untuk kepentingan untuk berbagai macam keperluan a.l keperluan demonstrasi, keperluan menyatakan pendapat ke penguasa atau masyarakat atau untuk keperluan forum diskusi.

Salah satu forum diskusi yang cukup ramai ketika itu adalah forum diskusi Apakabar ( 1990 s/d 2002) di internet yang membahas mengenai keadaan Indonesia dalam bahasa Indonesia dan Inggeris yang dimoderasi seorang pemerhati Indonesia , DR John A. Mc Dougall dari Ohio University. Dalam periode kira2 12 tahun itu terdapat sebanyak kira2 175000 tulisan dengan pembaca sekitar 250000 orang di 96 negara di penjuru dunia termasuk indonesia.
Sesudah 2002, John menutup sendiri forum Apakabar itu dengan alasan kesibukan dan pembiayaan. Karena banyak anggota forum Apakabar-nya John yang kehilangan forum itu, maka ex anggota2 Apakabar itu ahirnya menemukan forum diskusi lain yang menamakan forum itu dengan sebutan 'apakabar' juga di 'Yahoo groups' yang dimoderasi oleh yang menyebut dirinya 'elceem'. Forum itu masih terus ada hingga sekarang dengan anggota kira2 5000 orang.
Di forum kedua forum inilah saya ikut mengadakan diskusi diskusi dengan mengirimkan tulisan tulisan menyangkut hal hal menonjol di Indonesia.
Pemikiran saya menanggapi keadaan Indonesia pada masa itu berupa tulisan tulisan yang berserakan menurut waktu diantara 175000 arsip Apakabarnya John dan 60000 an arsip apakabarnya 'elceem' itu hingga 2005, saya copy dan saya kumpulkan serta susun menurut urutan waktu didalam blog ini. Selamat membaca.

No comments: