Thursday, May 3, 2007

Pidato politik pertama SBY. (9/10-04)

Pidato politik pertama SBY. Topic List < Prev Topic | Next Topic >
Reply | Forward < Prev Message | Next Message >


Pertama kali SBY menyampaikan pidato politiknya Sabtu siang jam 12.00 WIB dari Cikeas yang diliput media massa baik dalam dan luar negeri.Yang bahasa Indnesia dalam 12 menit dan yang bhs Inggeris dalam 7 menit.

Pidatonya cukup berisi dan padat dan percaya diri walupun sedikit agak nervous karena menyangkut nasib bangsa .Suasana tegang meliputi acara itu...........tidak ada tepuk tangan.....hening.
Rasa percaya diri itu dapat kita dengar dari pernyataan2 dengan kata "saya" yang puluhan kali terlontar menyangkut segala aspek kewenangan2 penyelenggaraan Pemerintahan oleh seorang Presiden yang legitimate.Tidak ada kata 'kami' yang biasanya menunjukkan kelemahan kewenangan/pertanggungjawaban.

Tiga hal pokok yang dinyatakan pada pidato itu ialah
1.terselenggaranya proses
transisi peralihan presiden yang baik dari yang lama ke yang baru.
2.Penyusunan kabinet dan seleksi menteri yang merupakan
kewenangannya
akan diselesaikan dan dilantik pada 20 Okt.yad.
3.Program 100 hari pemerintahannya disegala sector dengan penegasan
penyelesaian masaalah Aceh dan Irian Jaya secepatnya dan juga menyangkut pemberantasan korupsi.

Menyangkut hal no.2 saya kira ada hubungannya dengan pernyataannya tgl 8/10 ketika menerima masyarakat di Cikeas yang diberitakan Kompas tadi pagi 9/10 yang menyatakan jangan terpengaruh oleh makelar kabinet yang meresahkan masyarakat itu yang disebutnya para makelar itu sebagai penghianat.
Mudah2an dia memilih team kabinetnya yang betul betul jempolan,tidak hanya ahli dibidangnya tapi juga memiliki moral/integritas,idialisme untuk bangsa/negara yang tinggi.Sebab banyak orang yang ahli/professional,tapi rendah moral/integritasnya,
individualist/materialist/feodalist hingga memanfaatkan jabatannya untuk pribadi/ kelompoknya,rawan KKN.

Dari menteri2 kabinet Mega dan petinggi Negara yang sekarang,hanya Kwik dan Billy
Yudono saja yang saya lihat dapat dipakai lagi,yang lainnya di-out saja.

Kita percaya bahwa SBY dengan pengalamannya akan mampu memilih orang yang dapat dia pakai membantu dia melaksanakan program lima tahunnya dalam membawa negara dan bangsa ini kemasa depan yang lebih baik.Semoga....kita doakan bersama.



gdbct